Kamis, 03 Desember 2020

Kebiasaan Baik dan Analisis Sosial

Melakukan Kebiasaan Baik untuk Arah Kehidupan yang Lebih Baik

Kebiasaan adalah suatu hal atau aktivitas yang sering kita lakukan. Kebiasaan baik adalah bentuk aktivitas atau kegiatan baik yang sering dilakukan untuk kebermanfaatan sekitar. Seperti yang kita ketahui bahwa kebiasaan baik sangat dianjurkan untuk dilakukan, bahkan penanaman kebiasan baik sudah dimulai sejak usia dini. Hal tersebut dilakukan untuk menanamkan pendidikan perilaku yang baik pada setiap orang. Tidak jarang kita menemui banyak orang yang melakukan kebaikan. Kebaikan tidak melulu tentang seberapa besar bentuknya, namun bagaimana keikhlasan orang tersebut melakukannya. Sekecil apapun kebaikan yang dilakukan jika dilakukan dengan keikhlasan dan ketulusan hati, maka akan sangat berarti, terlebih lagi dapat menjadi manfaat bagi sekitarnya. 

Dalam acara kelas besar magang yang telah dilakukan, ada kesempatan untuk melakukan penugasan berupa pelaksanaan kegiatan baik selama 7 hari, dengan dipantau melalui sebuah aplikasi dan nilai plus nya adalah saat kegiatan baik selama 7 hari sudah dapat terpenuhi, maka akan secara otomatis memberikan donasi sebesar 10.000. Dengan begitu, selain kita bisa melakukan kebiasaan baik dalam kehidupan sehari-hari, kita juga dapat memberikan donasi. Di era sekarang ini semua sudah dimudahkan dengan bantuan teknologi, sehingga tidak menutup kemungkinan untuk kita terus melakukan kebiasaan baik. 

Kegiatan baik yang saya lakukan memanglah bukan bentuk kegiatan besar, namun saya masih tetap belajar. Kegiatan yang saya lakukan adalah membantu ayah untuk membersihkan kebun sekaligus memanen pisang, ya karena kebun rumah saya kebanyakan tertanami pisang. Dengan membantu ayah saya, setidaknya saya dapat meringankan nya dan sekaligus sebagai penyaluran hobi berkebun serta bentuk olahraga karena dengan berkebun dapat mengeluarkan keringat. Di hari yang sama, saya juga membantu ibu untuk menyiapkan makanan dan juga beberes rumah. 

Dihari selanjutnya, saya membantu kakak untuk menebang ranting pohon mangga yang sudah terkena kabel listrik. Ya, kebetulan pada hari itu sedang terjadi pemadaman listrik, sehingga berkesempatan untuk melakukan penebangan. Hal itu dilakukan untuk menghindarkan bahaya listrik dikarenakan ranting pohon yang menyangkut, sehingga meminimalisir terjadinya bahaya. 

Kegiatan lain yang saya lakukan adalah membantu ibu untuk mengoreksi tugas muridnya, memantau hasil tes harian, dan membuat nilai harian. Selain dapat meringankan ibu, saya juga dapat belajar bagaimana cara membuat nilai untuk standar minimal pencapaian dan belajar bagaimana cara membuat soal. 

Mungkin kegiatan yang saya lakukan belum sesuai target yang ada, tapi saya bersyukur dapat melakukannya dan akan berusaha untuk terus melakukan kegiatan lainnya. 

Dalam masyarakat sekarang ini, sangat perlu kesadaran diri sendiri terhadap perilaku dan kebiasaan baik. Kesadaran tersebut tidak melulu langsung terhadap suatu hal yang besar, namun juga dapat dimulai dari hal yang kecil. Sehingga, bagaimana pun kondisinya kita harus tetap berusaha untuk melakukan kebiasaan baik dan menjadi suatu kebermanfaatan bagi sekitar. 

Semangat berbuat kebaikan, karena satu kebaikan yang dilakukan dapat memberikan perubahan positif dalam kehidupan kita. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

REVIEW MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS SYSTEM THINKING

Berikut ini adalah review modul pembelajaran berbasis system thinking  Reviewer : Karima Majid Modul dibuat oleh : Khoirur Rohmaniatush Shol...