Rabu, 02 Desember 2020

Refleksi Magang dan Poster

Menutup Satu Pintu untuk Membuka Pintu Lainnya 

Halo, aku Majid. Jadi kemarin aku sudah mengikuti serangkaian acara dari kelas besar magang kovalen 2020. Ya, di kelas besar magang kali ini dilakukan 2 tahap. Kelas besar 1 diisi dengan materi yang dibawakan oleh bidang kesekretariatan, pembinaan, dan juga pendidikan. Kelas besar 2 diisi dengan materi dari bidang kebendaharaan, infokom, dan pengmas. Dari adanya kegiatan kelas besar magang ini aku mendapat ilmu dasar dari setiap bidang. 

Pada kelas besar 1 mendapatkan 3 ilmu yaitu, yang pertama dari bidang kesekretariatan tentang tata cara surat menyurat, alur perizinan, dan pengelolaan kesekretariatan. Dari materi itu aku dapat mengetahui beberapa hal seperti peraturan di kesekretariatan, arahan penggunaan ruang kesekretariatan, larang yang ada di ruang kesekretariatan, bagaimana alur peminjaman di prodi, fakultas, dan universitas, alur peizinan fakultas, alur perizinan SIK Universitas, alur perizinan surat dan penomoran serta KOP surat baik prodi, fakultas, ataupun universitas. yang kedua dari bidang pembinaan tentang kemanusiaan dan rasa empati. Yang disampaikan dari materi ini adalah tentang bagaimana kita dapat memiliki rasa kemanusiaan dan empati dalam organisasi atau luar organisasi. Kemanusiaan dan rasa empati sangat penting dalam organisasi, jangan sampai kita hanya menuntut arti kekeluargaan dan kenyamanan tanpa berusaha untuk menciptakan sendiri. Yang sering dilupakan adalah tentang arti mendengar, terkadang masih banyak orang yang hanya mendengar untuk mendengar bukan mendengar untuk mendengarkan, jadi kita harus bisa memahami situasi dan mengerti lingkungan sekitar. Yang ketiga dari bidang pendidikan tentang kepenulisan seperti esai, kara tulis ilmiah, PKM, dan perbedaan struktur dari PKM, LKTI, dan esai. 

Dari kelas besar 1 saja sudah mendapatkan banyak ilmu, dan ditambah pada kelas besar 2 yang diisi dari 3 bidang lainnya yaitu kebendaharaan, infokom, dan pengmas. Dari ketiga bidang itu masing-masing memberikan ilmu yang berbeda. Bidang kebendaharaan dengan beberapa materi yang disampaikan yaitu sistem keuangan di Kovalen, surat pertanggungjawaban program kerja yang merupakan laporan yang disusun guna melaporkan anggaran dana setelah program kerja terlaksana, dan ada juga ADMIKOV yang mana merupakan laporan pemasukan dan pengeluaran dari Kovalen dan untuk pembuatannya perlu melakukan pertanggungjawaban keuangan proker terlebih dahulu dan kemudian melaksanakan rakoranda sehingga dapat melakukan ADMIKOV. Selanjutnya dari bidang infokom dengan materinya yaitu isomer dan komunikasi kovalen dengan pihak lain. Dari sini dapat mengetahui bagaimana etika komunikasi baik secara umum, dalam organisasi, maupun via e-mail. Dan dijelaskan juga apa itu isomer, bagaimana pemuatan informasi melalui web, dan pemilihan desain dalam media sosial. Jadi dalam organisasi atau luar organisasi sangat penting bagi kita untuk memperhatikan etika berkomunikasi. Yang terakhir yaitu dari bidang pengmas dengan materi analisis sosial, jadi analisis sosial merupakan bentuk usaha menganalisis keadaan atau masalah sosial secara objektif. Dalam analisis sosial terdapat ruang lingkupnya dan juga langkah-langkahnya. Disamping hal itu ada juga moralitas yang masih berhubungan dengan adanya analisis sosial, secara garis besar kesimpulan yang dapat diambil terkait moralitas adalah bahwa moralitas hanyalah tentang rasa egois manusia terhadap kepentingan dirinya sendiri atau suatu kelompok tertentu. 

Jadi dari kelas besar 1 dan kelas besar 2 lengkap sudah ilmu yang didapatkan dan tinggal bagaimana kita mengimplementasikannya. Walaupun selama acara kelas magang aku banyak terkendala jaringan, hal itu tidak menghalangi tujuan ku untuk terus semangat belajar. Semoga untuk kedepan acara nya lebih baik dan dapat terus menyampaikan ilmu nya. 

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

REVIEW MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS SYSTEM THINKING

Berikut ini adalah review modul pembelajaran berbasis system thinking  Reviewer : Karima Majid Modul dibuat oleh : Khoirur Rohmaniatush Shol...